10 Bangunan Bersejarah Negara Indonesia yang telah Dimusnahkan

Olshopsorg Reply 02.31
Memang banyak bangunan kolonial peninggalan Belanda di negara kita. Namun itu baru sebagian lho. Aslinya sih hanya beberapa yang bisa selamat dari perkembangan zaman, sementara yang lain kini sudah tak ada lagi alias hanya bisa dikenang lewat foto ataupun lukisan tempo doeloe. Nah, inilah bangunan-bangunan bersejarah yang kini telah dihancurkan,dikutip dari berbagai sumber:

www lih at,co,id1. www lih at,co,idGedung www lih at,co,idSocieteit www lih at,co,idHarmoniewww lih at,co,id
10 Bangunan Bersejarah Negara Indonesia yang telah Dimusnahkan
[lihat.co.id] - Pernahkah www lih at,co,idkalian tahu www lih at,co,idkenapa daerah Harmoni www lih at,co,idyang terkenal dengan www lih at,co,idhalte transit busway-nya dikatakan www lih at,co,idHarmoni? Well, definetely nothing harmonious on that street *admin jadi ingetwww lih at,co,id pernah keilangan hape di sana*.www lih at,co,id

Tempat itu www lih at,co,iddikatakan Harmoni sebab di sanawww lih at,co,id pernah berdiri gedung Societeit Harmonie. www lih at,co,idGedung ini dulu terletak di ujung jalan www lih at,co,idVeteran dan Majapahit dan www lih at,co,idmulai dikerjakan sejak tahun 1776 oleh Gubernurwww lih at,co,id Jenderal Reineir de Klerk kemudian dilanjutkanwww lih at,co,id pembangunannya oleh Daendels *si kejam* dan Raffles hingga baru resmi dibuka pada 1868. Gedung ini menjadi tempat pesta para sosialita Belanda (yang sejak zamanwww lih at,co,id kolonial Belanda hinggawww lih at,co,id kini, definisi www lih at,co,idsosialita masih tetap sama = tante2 nggak www lih at,co,idnyadar umur dandan menor + kemungkinan besar masih doyan brondong).

Sayangnya www lih at,co,idbangunan bernilai www lih at,co,idhistoris tinggi ini dirubuhkan www lih at,co,idpada tahun 1985. www lih at,co,idIngin tahu www lih at,co,idalasannya? Untuk membangunwww lih at,co,id rumah ibadah? Panti www lih at,co,idasuhan? www lih at,co,idSesuatu www lih at,co,idyang www lih at,co,idberguna www lih at,co,idbagi rakyat, bangsa, dan negara Indonesia? Nope, buat membangun lapanganwww lih at,co,id parkir Sekretariatwww lih at,co,id Negara. www lih at,co,idGreat, www lih at,co,idwhat a smart dumbass (kadang www lih at,co,idgue ampe jungkir balik mikirin ketololan www lih at,co,idpetinggi negeri ini).

2. www lih at,co,idBentengwww lih at,co,id Frederikwww lih at,co,id Hendrikwww lih at,co,id
10 Bangunan Bersejarah Negara Indonesia yang telah Dimusnahkan
[lihat.co.id] - Bentengwww lih at,co,id ini dibangunwww lih at,co,id pada 1834www lih at,co,id oleh Gubernurwww lih at,co,id Jenderal van den www lih at,co,idBosch *kejam juga*. Benteng ini terletak di kawasan Taman Wilhemina dan terpaksa dirubuhkan untukwww lih at,co,id pembangunan Masjid Istiqlal. Well, kalo yang ini sih aku www lih at,co,idnggak begitu keberatan. Soalnya kan niat Presiden Soekarno baik membangun www lih at,co,idmasjid tepat di depan Katedral Jakarta www lih at,co,iduntuk menunjukkan kerukunan www lih at,co,idumat beragama di Indonesia, ya nggak?www lih at,co,id

3. www lih at,co,idTaman www lih at,co,idWilheminawww lih at,co,id
10 Bangunan Bersejarah Negara Indonesia yang telah Dimusnahkan
[lihat.co.id] - Tamanwww lih at,co,id Wilhemina ini www lih at,co,iddisebut-sebut sebagaiwww lih at,co,id taman paling “wow” padawww lih at,co,id zamannya. Pada saat pembangunannya www lih at,co,iddi abad ke-19, taman ini menjadi taman terluas dan terindah di Asia. Gile, wow banget khan? Sayangnya,www lih at,co,id semenjak kemerdekaan taman ini www lih at,co,idmenjadi terlantar dan akhirnya diputuskan untuk membangun Masjidwww lih at,co,id Istiqlal di lokasi taman iniwww lih at,co,id.

Oya,www lih at,co,id dahulu di taman www lih at,co,idini terdapat Monumen Waterloo atau www lih at,co,idAtjeh Monument untuk www lih at,co,idmemperingati para serdadu www lih at,co,idBelanda yang tewas selama perang www lih at,co,idAceh. Taman www lih at,co,idyang dibangun oleh Daendels *si kejam* ini www lih at,co,iduniknya terletak di dekat Kaliwww lih at,co,id Ciliwung (yang kala itu jernih) sehingga terdengar gemericik air yangwww lih at,co,id menyegarkan kala berjalan-jalanwww lih at,co,id di situ. Kalo www lih at,co,idsekarang yang ada mah www lih at,co,idgemericik sampahwww lih at,co,id kaleeeee. www lih at,co,id

4. www lih at,co,idGerbang www lih at,co,idAmsterdamwww lih at,co,id
10 Bangunan Bersejarah Negara Indonesia yang telah Dimusnahkan
[lihat.co.id] - Gerbang www lih at,co,idbergaya barok www lih at,co,idini berdiri www lih at,co,idpada pertengahan www lih at,co,idabad ke-19www lih at,co,id pada www lih at,co,idmasa pemerintahan J.P. Coen *yupz, kejam juga*.www lih at,co,id Gerbang iniwww lih at,co,id merupakan sisawww lih at,co,id benteng yang mulai www lih at,co,idditinggalkan pada masa Daendels dan sempat www lih at,co,iddirenov oleh Gubernur Jenderal van Imhoff.www lih at,co,id Sayangnya, gerbang Amsterdam benar-benar www lih at,co,iddirubuhkan pada 1869 karenawww lih at,co,id dibukanya jalurwww lih at,co,id trem melewati daerah tersebut. www lih at,co,id

5. www lih at,co,idHotel www lih at,co,iddes www lih at,co,idIndeswww lih at,co,id
10 Bangunan Bersejarah Negara Indonesia yang telah Dimusnahkan
[lihat.co.id] - Wah www lih at,co,idcukup miriswww lih at,co,id juga pas aku membaca www lih at,co,idmengenai www lih at,co,idnasib hotel ini. Hotel ini berdiri sejak 1856 dan www lih at,co,idpernah menjadi saksi sejarah yang sangat penting, sebab di hotel ini ditandatangani perjanjian Roem-Royen pada 7www lih at,co,id Mei 1949. Bahkan, www lih at,co,idpenamaan Hotel www lih at,co,iddes Indes sendiri www lih at,co,idmerupakan usul dari www lih at,co,idDouwes Dekker.

Hotel ini terkenal karena kemewahannya, bahkan Alfred Russel Wallace (pencetus teori evolusi sebelum idenya dicuri Charles Darwin) pernah menginap di sini. Sayangnya, pada tahun 1971, hotel super-bersejarah ini dirobohkan untuk dibangun Kompleks Pertokoan Duta Merlin. Hmm...terima kasih kaum kapitalis telah merusak bangunan bersejarah kami untuk mempertebal dompet anda.

6. www lih at,co,idKatedral www lih at,co,idJakarta www lih at,co,id
10 Bangunan Bersejarah Negara Indonesia yang telah Dimusnahkan
[lihat.co.id] - Nah, kalowww lih at,co,id yang ini nih www lih at,co,idbangunannya dah ilang tapi aku nggak nyesel. www lih at,co,idSoalnya sekarang bangunannya udah jadi lebih keren hehehe. Nah, seperti itulah wajah www lih at,co,idkatedral Jakarta sebelum berwujud gereja gotik megah seperti www lih at,co,idsekarang.

7. Gereja Kubah
10 Bangunan Bersejarah Negara Indonesia yang telah Dimusnahkan
[lihat.co.id] - Yap, pada www lih at,co,id1736 di Kota Tua Batavia (seberang Stadhuis, Museumwww lih at,co,id Fatahillah sekarang) pernah berdiri sebuah gereja yang unik dan keren banget. www lih at,co,idNamanya adalah Gereja Kubah atau bahasa Belandanya: Nieuwe Hollandsche Kerk (huh...admin ngucapinnya aja ampe laptop www lih at,co,idbasah semua).www lih at,co,id Gereja ini dibangun oleh Christoffer Moll. Namun sayangnya karena basically dia bukan arsitek, maka ketika terjadi gempa 3 tahunwww lih at,co,id setelah pembangunannya selesai, gereja ini mengalamiwww lih at,co,id kerusakan yang parah. Hmm...emang apa sihwww lih at,co,id kerjaannya Christoffer Moll ini? Pejabat? Seniman? Dosen? Bukan ...

dia www lih at,co,idtukang roti.YA IYALAH AMBRUK, www lih at,co,idTUKANG ROTI DISURUH BIKIN BANGUNAN! Najis ih kompeniwww lih at,co,id zaman dulu. Well, back to history, www lih at,co,idkerusakan gereja ini dan diperparah dengan bangkrutnya VOC membuat Daendels pada 1808 menyuruh gereja ini untuk dibongkar dan tanahnya dijual untuk menambah kas kompeni. Wah sayang www lih at,co,idya. Tapi kalo mau www lih at,co,idmelihat sekilas www lih at,co,idseperti apa gereja ini, ada kok maketnya www lih at,co,iddi Museum Fatahillah.

8. www lih at,co,idGedung www lih at,co,idKerapatanwww lih at,co,id Deli www lih at,co,id
10 Bangunan Bersejarah Negara Indonesia yang telah Dimusnahkan
[lihat.co.id] - Melihatwww lih at,co,id kemegahan gedung bersejarah ini, www lih at,co,idrasanya sangat menyayat www lih at,co,idhati begitu tahu bangunan ini sengaja www lih at,co,iddirubuhkanwww lih at,co,id oleh pemerintah Medan. Saking tersayatnya,www lih at,co,id aku sampai nggak kuasa ngetik dan cuma copy-paste aja dari blog lain (padahal emang males hehehe).

“Sebelum www lih at,co,idIbu kota Kabupatenwww lih at,co,id Deli Serdang di www lih at,co,idpindahkan ke Lubuk Pakam, Kota www lih at,co,idMedan merupakan Ibukota www lih at,co,idKabupaten www lih at,co,idDeli Serdang. Kantor Bupati Deli Serdangwww lih at,co,id menempati Gedung Kerapatan yang berfungsi sebagai ruang kerja Sultan www lih at,co,iddan juga sebagai lembaga peradilan bagi orang-orang yang masa tidak tunduk kepada hkum kolonial Belanda. Gedung ini www lih at,co,iddibangun pada masa kekuasaan www lih at,co,idSultan Ma'mun Al Rasyid www lih at,co,idAlamsyah pada tahun 1906. Gedung Balai www lih at,co,idKerapatan terletak didepan Istana Maimun, tepatnya www lih at,co,idsekarang di Jalan Brigjen.www lih at,co,id Katamso, namun gedung www lih at,co,idini sudah rata dengan tanah pada tahun 2004 oleh kebijakan Walikota Medan Abdillah.”

9. www lih at,co,idPabrik www lih at,co,idEs www lih at,co,idSaripetojo www lih at,co,id
10 Bangunan Bersejarah Negara Indonesia yang telah Dimusnahkan
[lihat.co.id] - Sekilas dilihatwww lih at,co,id sih www lih at,co,idemangwww lih at,co,id bangunan ini www lih at,co,idnggak spesial. Seiringwww lih at,co,id perkembanganwww lih at,co,id zaman, www lih at,co,idbangunan inipun terus dipugar sehingga bentuk aslinya tak terlihat lagi. Namun yang namanya nilai historis kan tak hanya dilihat dari sisi bangunannya saja. Walaupun menyimpan nilai sejarah tinggi, pabrik es yang sudah berdiri sejakwww lih at,co,id zaman kolonial www lih at,co,idini dirubuhkan atas perintah Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo.

Kenapa sih dirubuhin? Rencananya  sih mau dibikin supermarket yang depannya G belakangnya S terus artinya “raksasa” gitu (nggak boleh nyebut merek ya). Hal itu memicu perseteruan dengan Walikota Solo saat itu, Jokowi yang tak setuju dengan penghancuran gedung bersejarah tersebut. Selain itu, rencananya pembangunan supermarket Gian*s tersebut (oooops keceplosan deh hehehe *ekspresi pembaca: nih anak ngeselin banget*) juga ditentang habis2an oleh penduduk sekitarnya sebab terdapat banyak pasar tradisional di daerah tersebut.

Namun apa daya, berkat kepiawaian gubernur Bibit yang luar biasa jeli dalam melihat potensi ekonomi (hebat www lih at,co,idbanget ya, pantesan Jawa Tengah maju banget sekarang ) gedung bersejarah ini terlanjur rata dengan tanah. www lih at,co,idBerita terbaru, akan dibangun hotel dan convention center yang diizinkan berdiri dengan catatan tetap menjaga www lih at,co,idbangunan2 kuno yangwww lih at,co,id masih tersisa di areal bekas Saripetojo.

10.www lih at,co,id Benteng www lih at,co,idVastenburgwww lih at,co,id www lih at,co,id
10 Bangunan Bersejarah Negara Indonesia yang telah Dimusnahkan
[lihat.co.id] - Satu lagi kisah miris,www lih at,co,id adalah penelantaran www lih at,co,iddan penghancuran sedikit demi sedikit benteng Vastenburg. Benteng ini dibangun pada 1745 oleh Gubernur Jenderal Imhoff.www lih at,co,id Sayang oleh Walikota era Suharto, yaitu Hartomo (yang tentu padawww lih at,co,id zaman itu semboyannya www lih at,co,idadalah *hargin (hari gini) nggak www lih at,co,idkorupsi???* dijual ke pihak swasta (atau bahasa halusnya ditukar guling) dan akan dibangun hotel bintang 5. Huh, www lih at,co,idapapun istilahnya, mau ditukar guling, kambing guling,www lih at,co,id babi kecap, rica2 gukguk, tetap saja kanwww lih at,co,id itu bangunan www lih at,co,idbersejarah milik warga Solo, www lih at,co,idenak aja mau dibikin hotel yang nggak jelas manfaatnyawww lih at,co,id buat rakyat.

Pengembalianwww lih at,co,id benteng Vastenburg kewww lih at,co,id masyarakat www lih at,co,idSolo ini terus diperjuangkan oleh Jokowi swww lih at,co,idemasa pemerintahannya, namun tetep saja masalah hak milik ini sangatlah rumit www lih at,co,id(apalagi benteng ini secara *legal* udah telanjur dibeli swasta). Jadinya ribet deh, www lih at,co,idgua juga pusing nih.

Nah, kalo sekilas www lih at,co,idkalian lewat bentengwww lih at,co,id Vastenburg mungkinwww lih at,co,id kalian akan lihat benteng ini terbengkalai. Lebih parahnya lagi, bangunan2 kuno di dalamnya (foto di bawah) sudah www lih at,co,idtelanjur dihancurkan oleh pemilknya sekarang. 

Related Posts

NASIONAL 3949410094866765491

Posting Komentar

Search

Google+ Followers

Berita Terpopuler

Arsip Blog