loading...

9 Situs Bekas Peninggalan Bangsa Romawi yang Indah

Olshopsorg Reply 22.19
1.Tembok Hadrian
[lihat.co.id] - Tembok Hadrian merupakan salah satu peninggalan Romawi terbaik dalam bidang pertahanan.Tembok Hadrian yang dalam bahasa Romawi disebut Vallum Aeilum dibangun pada tahun 122 M oleh Kaisar Hadrian.

Tembok ini dibangun dengan tujuan untuk melindungi bangsa Romawi (yang pada masa itu bercokol di Inggris),dari serangan suku barbar dari utara.

Perasaan ts,kenapa ya suku barbar kebanyakan dari utara ,kaya tembok China yang dibangun dengan tujuan melindungi diri dari serangan bangsa barbar dari utara.

Lets get back to topic ! Tembok ini merupakan tembok pertama dari dua tembok yang dibangun Romawi di tanah Inggris,tembok yang kedua ialah tembok Antonine.

Namun tembok Hadrian masih jauh lebih utuh daripada tembok Antonine.
Tembok ini dilengkapi dengan benteng pada jarak beberapa kilometer,

dan di setiap benteng dibangun menara.Berbeda dengan tembok China yang tidak dilengkapi gerbang,tembok Hadrian dilengkapi dengan banyak gerbang untuk melayani arus perdagangan dan masuknya pajak


2.Baalbek
[lihat.co.id] - Selanjutnya ialah Baalbek.Baalbek merupakan peninggalan Romawi Kuno terbaik terutama dalam bidang arsitektur kegamaan.Ada sebuah pameo yang mengatakan,"Jika anda ingin melihat seperti apa kuil Romawi yang terbaik,

janganlah datang ke Roma,datanglah ke Baalbek".Yap ! pameo ini tidak salah melihat banyaknya situs kuil Romawi yang tersebar di kota ini dan hampir semuanya berukuran jauh lebih besar dan lebih baik daripada yang berada di Roma.
Pada era Romawi Kuno,

Baalbek dikenal dengan Heliopolis.Anda bisa melihat kuil2 yang didekasikan untuk Dewa Jupiter (bukan Jupiter Z lho !),Dewi Venus, dan Baachus (Baachus bukan dewa Romawi,
melainkan dewa kesuburan lokal bangsa pribumi Hadad).

Anda juga bisa melihat Batu Wanita Hamil (ts nggak tahu kenapa dinamakan demikian) yang merupakan batu pahatan terbesar di dunia,bayangkan beratnya mencapai 1000 ton.

Dijamin,nyuruh 1000 gajah buat narik nih batu,bakal angkat tangan tuh gajah.Bener2 gila ya gan zaman belum ada gergraji mesin,udah bisa bikin batu kayak gitu.

Sebenarnya,Baalbek tidak didirikan oleh bangsa Romawi,melainkan didirikan oleh Aleksander yang Agung (Ingat,Aleksander Agung ialah orang Makedonia,

bukan Yunani,apalagi Romawi !),namun setelah kota ini jatuh ke tangan bangsa Romawi,mereka mengembangkan kota ini,menjadi pusat keagamaan.


3.Pont du Gard
[lihat.co.id] - Berikutnya Pont du Gard.Pont du Gard merupakan peninggalan bangsa Romawi dalam wujud akuaduk.Untuk tahu saja,akuaduk ialah bangunan saluran air yang salurannya berada di atas dan ditopang oleh lengkungan2.

Tujuannya sih supaya air tidak tercemar oleh tanah.Bangsa Romawi banyak membangun akuaduk di seluruh penjuru kekaisaran untuk sebagai sarana penyuplai air bersih DAri kebanyakan Akuaduk,
Pont du Gard merupakan yang tertinggi dan hanya dikalahkan oleh Akuaduk Segovia dalam kualitasnya.Tinggi Pont du Gard yaitu 48,8 m dan panjang 275 m.


Bukti kebrilianan para insinyur Romawi dalam membangun pont du Gard ialah mereka mengurangi ketinggian yang berbeda pada jarak tertentu supaya air bisa mengalir.

Setelah kekasiaran Romawi runtuh,akuaduk ini menjadi useless dan akhirnya hanya berfungsi menjadi jembatan penghubung biasa.Kini,Pont du Gard menjadi salah satu destinasi turis utama yang dikunjung di Perancis.


 4.Teater Orange
[lihat.co.id] - Teater Orange merupakan merupakan gedung teater terbaik di antara semua gedung teater Romawi lainnya,Teater ini berada di kota Orange,

wilayah Perancis selatan.Teater ini didirikan pada tahun 40 SM.Teater ini selalu ramai dan banyak penduduk mengahbiskan waktunya untuk menonton teater di sini (bayangin aja kalau Bioskop 21 udah ada zaman segitu,

seluruh teater di penjuru Romawi bakalan gulung karpet deh.Hehe..).Berbagai show digelar di sini seperti pantonim,tragedi hingga komedi (orang zaman dulu juga suka komedi ya ).

Sebenarnya,tujuan utama bangsa Romawi membangun teater ini ialah untuk menyebarkan budaya mereka ke seluruh penjuru koloni,

juga untuk mengalihkan perhatian mereka terhadapa aktivitas politik.Panggung teater selalu diset dengan baik dan kadang digunakan beberpa perangkat mekanis untu mendukung pertunjukan.Misal krane yang digunakan untuk adegan terbang.

Pertunjukan dibuka untuk setiap kalangan dan yang terpenting gratis !.Teater Orange sempat ditutup ketika agama Kristen sudah mulai menyebar dan pada awal abad ke 20,Teater digunakan kembali sebagai tempat pertunjukan hingga sekarang.

5.Leptis Magna
[lihat.co.id] - Leptis Magna merupakan situs reruntuhan kota koloni terbaik yang berada di Benua Afrika.Sebelum ditaklukan bangsa Romawi,Leptis Magna merupakan kota yang didirikan oleh bangsa Finisia milik bdan akhirnya menjadi kekuatan besar setelah bangsa Kartago merajai wilayah Mediterania.Pada tahun 146 SM,tepat pada perang Punik Ketiga,

kota ini jatuh ke tangan Romawi dan menjadi bandar pelabuhan utama Romawi di wilayah Afrika.Leptis Magna mencapai puncak kejayaanya setelah putra daerahnya,Septimus Severus menjadi kaisar.

Dia membangun kota ini melebihi kota lain di seluruh wilayah Romawi dan menjadi rival pusat perniagaan lain seperti Kartago dan Alexandria.Namun kejayaan kota ini tidak berlangsung lama setelah meninggalnya Septimus Severus,

apalagi pelabuhan semakin dangkal dan tidak dapat lagi untuk menampung kapal.Akhirnya kota ini benar-benar kehilangan kejayaanya setelah jatuh ke tangan bangsa Vandal dan dirampok berulangkali oleh bangsa Berber.

Pada tahun 2011,terdapat kekhawatiran atas kondisi situs ini setelah para tentara Pro Khadafi menjadiknya sebagai markas dan NATO menolak untuk melancarkan serangan udara ke situs ini.


 6.Timgad
[lihat.co.id] - Timgad merupakan kota koloni Romawi yang berada di pegunungan Aures,Aljazair.
Pada mulanya,kota ini merupakan benteng militer,namun seiring waktu berlalu,benteng ini berkembang menjadi kota besar.Di sekelilingya,

banyak terdapat tanah subur yang cocok untuk pertanian.
Kota ini dianggap peninggalan Romawi terbaik,

terutama dalam bidang tata kotanya.Tata kota Timgad sangat teratur dengan pola kotak2 (kaya bajunya Jokowi aja).
Kota ini juga dilengkapi dengan teater,pemandian,perpustakaan,dan Kuil2.Kapan ya kota2 di Indonesia bisa meniru Timgad?

7.Perpustakaan Celsus
[lihat.co.id] - Perpustakaan Celsus berada di wilayah Efesus,Anatolia,Turki.Perpustakaan ini dibangun untuk mengenang Tiberius Julius Celsus Polemaenus,

seorang gubernur Roma di wilayah ini.Perpustakaan ini mampu menampung 12.000 gulungan dan juga berfugsi sebagai makam Celsus.

Disebutkan bahwa Celsus menghabiskan 25.000 dinari (mata uang Roma) untuk melengkapi isi perpustakaan.Gaya arsitektur perpustakaan merupakan gaya percampura antara Romawi dengan Yunani.

Perpustakaan ini menjadi penting bagi dunia arkeologi karena sangat sedikit perpustakaan dari era Romawi yang masih utuh.Perpustakaan ini hancur pada tahun 262 akibat gempa dan hanya menyisakan bagian muka saja. 

8.Villa Hadrian
[lihat.co.id] - Villa Hadrian merupakan sebuah kompleks Villa yang terdiri dari lebih dari 30 bangunan,dengan luas sekitar 1 kilometer persegi.

Gaya arsitektur Villa ini bervariasi,mulai dari gaya Yunani hingga Mesir.Selain itu kompleks Villa ini juga dilengkapi dengan istana,pemandian,kuil,perpustakaan,ruang kantor dan barak kecil untuk pengawal.

Salah satu bagian Villa paling menakjubkan ialah bagian kolamnya dan patung cantik.
Bagian lainnya yang tak kalah indah ialah sebuah teater yang dibangun di tengah kolam.

9.Roma


[lihat.co.id] - Dan terakhir Roma,jika agan bahas situs Romawi,
pasti nggak bakal lepas dari Roma.Yup,kota Roma merupakan ibukota kekaisaran Romawi.Ada bberapa situs Romawi di kota ini seperti Pantheon yang merupakan kuil bundar yang didekasikan untuk berbagai dewa,

lalu Forum Romanum yang menjadi pusat kotanya Roma,ada juga pemandian Caracalla yang jadi pemandian terbesar pada zaman Romawi,dan terakhir Colloseum,

bangunan stadion untuk tempat pertunjukan gladiator.Beberapa situs lainnya ada juga yang masih utuh namun menjadi bagian pada zaman sesudahnya seperti teater Marcellus

Related Posts

Travelling 4606805925584325098

Posting Komentar

Search

Google+ Followers


Berita Terpopuler

Arsip Blog